Rabu, 13 Mei 2015

The Usual Suspects (1995)

The Usual Suspects (1995)



Genre              : Crime, Drama, Thriller
Imdb rating     : 8.7
Director           : Bryan Singer
Stars                : Kevin Spacey, Gabriel Byrne, Chazz Palminteri

Proses pengungkapan kasus pembantaian yang terjadi di sebuah kapal, yang menjadi pekerjaan rumah yang sangat berat bagi polisi. Mereka harus mencari tahu siapa dalang dibalik peristiwa besar tersebut yang menelan banyak korban. Verbal Kint, seorang pria pincang yang selamat dari kejadian itu, dipaksa untuk menceritakan semua kisah yang berkaitan dengan kejadian tersebut.
            Verbal pun menceritakan awal dimana ia masuk kedalam kejadian itu. Bermula dari 6 minggu sebelum tragedi di kapal tersebut terjadi, dia bertemu dengan 4 kriminal lain di dalam penjara, dan mereka pun mengajaknya untuk melakukan perampokan kepada polisi korup yang membantu transaksi barang-barang ilegal. Hal itu menjadi awal bagi mereka untuk melakukan perampokan yang lain, dan akhirnya mereka terseret kepada pekerjaan yang lebih beresiko dari Kobayashi, seorang pengecara yang bekerja untuk Keyser Soze.
            Mendengar nama Keyser Soze, mereka sedikit ketakutan. Karena nama itu sudah sangat melegenda. Mereka tidak tahu apakah Keyser adalah sosok yang nyata atau hanya sekedar mitos di dunia kriminal. Karena nama besar tersebut, mereka terpaksa untuk melaksanakan tugas itu
            walaupun mempunyai resiko yang sangat besar, yaitu menggagalkan transaksi antara mafia Argentina dengan mafia Hungaria di dalam sebuah kapal.
            Keyser Soze itulah yang menjadi dalang dibalik peristiwa pembantai di kapal tersebut. Identitas Keyser Soze sangat sulit diselidiki. Pencarian identitas Keyser Soze ini menjadi inti konflik di dalam film ini. Yang membuat saya terkejut ketika mengetahui bahwa sosok Keyser Soze itu adalah Verbal Kint. Dia mampu mengelabui polisi dengan ceritanya, yang membuat polisi beranggapan bahwa Verbal hanya seorang bodoh yang kebetulan terseret kedalam kasus ini.
            Masterpiece yang membuat saya terkagum dengan plot twist dan mengejutkan. Film crime yang yang tidak hanya menipu para polisi dengan cerita dari seorang pincang, Verbal, tapi mampu menipu saya dan mempercayai cerita rekayasa dari Verbal. Pembawaan Verbal, yang diperankan oleh Kevin Spacey sangat amat menipu. Akting yang menggagumkan dari Kevin Spacey membuat saya jatuh hati pada performanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar