Rabu, 13 Mei 2015

Talk To Her (2002)

Talk To Her (2002)


Genre              : Drama, Mystery, Romance
Imdb Rating    : 8.0
Director           : Pedro Almodovar
Stars                : Rosario Flores, Javier Camara, Dario Grandinetti

“Love is something that is not for you, it is for the one you love”

            Dua kisah hubungan antara pria dan wanita yang tidak biasa. Karena mereka semua memiliki hubungan yang berjalan hanya satu arah. Benigno merawat seorang wanita muda yang cantik yang sedang dalam keadaan koma, Alcia, di sebuah rumah sakit tempat dimana Benigno bekerja. Di sisi lain, Marco pun demikian, dia sedang menunggu kekasihnya yang sedang mengalami koma, setelah mendapati kecelakaan saat menjadi seorang matador.
            Dengan memiliki keadaan yang serupa, Benigno pun berteman dekat dengan Marco. Mereka saling berbagi kisah mengenai wanita yang mereka rawat. Benigno pun mengungkapkan sebuah rahasia kepada Marco, bahwa Alicia adalah wanita yang ia suka sejak lama. Benigno sering memperhatikan Alicia saat dia masih sehat dan menjalankan rutinitas latihan ballet. Bahkan Benigno pun mengikuti Alicia sampai ke tempat tinggalnya. Dan saat Alicia mengalami kecelakaan dan koma, itulah saat saat yang membahagiakan bagi Benigno, karena dia perwat yang berpura-pura mempunyai orientasi sex kepada sesama jenis, dia dapat merawat Alicia, dia dapat lebih dekat dengan Alicia. Bisa melihat Alicia tanpa pakaian dan memandikannya.
            Benigno merasa bahwa Alicia dapat mendengar ucapannya dan menginginkan berada di dekatnya. Dia berbicara dengan Alicia, seperti orang lain yang saling berbicara dalam keadaan sadar. Tetapi itu hanya lah fantasi Benigno saja. Benigno membayangkan bahwa Alicia berbicara kepadanya, namun itu hanyalah sebuah percakapan khayalan yang Benigno buat sesuai dengan apa yang ia mau.
            Puncaknya ia melakukan tindakan sexual kepada Alicia yang membuat Alicia hamil di saat dia sedang koma. Benigno melakukan hal itu karena sudah merasa siap untuk menikahi Alicia walaupun Alicia tidak bisa menjawab apa-apa. Dengan perbuatan itu membuat Benigno masuk kedalam penjara.
            Serupa dengan Benigno, Marco pun mengalami sebuah hubungan satu arah dengan Lydia. Marco tidak merasa dan mungkin tidak mau merasakan bahwa Lydia hanya menjadikan dia sebagai pelampiasan setelah putus dengan pacar yang sebelumnya. Marco hanya mengisi hubungan nya bersama Lydia dengan percakapan tentang dirinya saja, tanpa mau tahu mengenai Lydia dan apa yang Lydia ingin katakan.
            Film yang menurut saya sangat artistikal, sangat penuh dengan nuansa seni. Mulai dari scene awal yang menampilkan pertunjukan seni tari dimana terdapat dua wanita setengah baya bergerak terhuyung-huyung sampai penggambaran perasaan Benigno yang dia gambarkan melalui sebuah film bisu yang merupakan film yang juga sangat artistik. Ceritanya sangat original, mengenai cinta satu arah. Cinta yang hanya dimiliki oleh satu pihak tanpa mau tahu perasaan pihak lain. Film ini ingin memberitahukan kepada semua tentang arti cinta yang sesungguhnya. Cinta adalah sesuatu yang harus dibagi, tetapi harus tahu bahwa sesuatu yang dibagi itu adalah sesuatu yang diingini atau dibutuhkan oleh orang yang kita cintai. Jika tidak, itu bukan lah cinta yang sesungguhnya, tetapi cinta khayalan, yang diciptakan oleh satu pihak saja.

            Akting dari Benigno yang diperan kan oleh Javier Camara sangat berhasil menghidupkan dan memberi warna tersendiri ke dalam film yang sedikit gelap. Javier Camara menampilkan sifat Psikopat dan agak kemayu sangat luar biasa. Perpaduan sifat itu lah yang membuat saya agak merasa takut ketika menyaksikan film ini. Keseluruhan film ini sangat bagus dan banyak memberikan makna dan warna tentang cinta. Berhasil membukakan mata tentang arti cinta yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar