Rabu, 13 Mei 2015

Dersu Urzala (1975)

Dersu Urzala (1975)


Genre              : Adventure, Biography, Drama
Imdb Rating    : 8.3
Director           : Akiea Kurosawa
Stars                : Maksim Munzuk, Yuriy Solomin, Mikail Bychkov

“How can man live in a box?” ~ Dersu Urzala

            Sekelompok tentara Rusia ditugaskan untuk melakukan ekspedisi dan eksplorasi ke dalam belantara Siberia yang masih sangat liar dan bersalju. Lalu ditengah perjalanan mereka, mereka bertemu dengan pemburu lokal, Dersu Urzala yang sangat berpengalaman dengan hutan Siberia. Hutan Siberia lah tempat dia hidup, tempat dia makan dan berlindung dari salju dan teriknya matahari.
            Tetapi seiring dengan berjalan nya waktu, hutan Siberia sudah tidak banyak lagi makanan yang didapat. Arsenev selaku ketua rombongan tersebut, memberikan bantuan makanan kepada Dersu. Dan Dersu pun menerima dengan senang hati dan juga siap membalas kebaikan mereka dengan bersedia membantu ekspedisi dan eksplorasi mereka di belantara Siberi.
            Banyak sekali hal-hal bagaimana cara bertahan hidup di dalam hutan yang diajarkan Dersu kepada rombongan tentara tersebut. Mulai dari cara menembak dengan akurat, mengidentifikasi jejak, dan bagaimana membuat tempat berlindung dari semak belukar ketika badai salju datang. Rahasia dia dapat bertahan hidup di hutan adalah karena dia mengganggap setiap elemen-elemen di hutan adalah manusia yang hidup dan mempunyai perasaan.
Pelajaran-pelajaran tersebut lah yang membuat Arsenev merasa berhutang nyawa, ketika tersesat berdua dengan Dersu, dia bisa selamat dari malam yang dingin hutan Siberia berkat keahlian survival Dersu Urzala.
            Oleh karena itu, Arsanev mengajak Dersu untuk tinggal bersama dia di kota. Tetapi Dersu berkali-kali menolak tawaran tersebut. Pada akhirnya, usia tua menyapanya yang membuat keahlian dia dalam berburu semakin jauh menurun. Pengelihatannya tidak lagi tajam. Ditambah dengan ketakutannya akan balasan dari dewa hutan karena sebelumnya dia telah membunuh harimau ketika harimau tersebut mendekatinya. Dia pun memutuskan untuk menerima tawaran Kapitan, pangilan Dersu kepada Arsanev, untuk dapat hidup di kota dan meninggal hutan, yang menurutnya sudah tidak bersahabat.
            Tetapi tidak begitu lama dia hidup di kota, Dersu mulai tidak betah. Kehidupan di kota jauh berbeda dengan di hutan. Terlalu banyak aturan jika hidup di kota. Lalu Dersu memutuskan untuk kembali ke hutan dan menerima apapun yang hutan lakukan terhadap nya. Sehingga hutan lah yang menjadi tempat dia beristirahat panjang menghadap pencipta.

Fire angry, Forest burns for many days.
Fire get angry, frightful, 
Water get angry, frightful, 
Wind get angry, frightful. 
Fire, water, wind, Three mighty men” ~ Dersu Urzala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar