Rabu, 13 Mei 2015

Tangerines (2013)

Tangerines (2013)


Genre              : Drama, War
Imdb Rating    : 8.7
Director           : Zaza Urushadze
Stars                : Lembit Ulfsak, Elmo Nuganen, Giorgi Nakasidze

            Perang memperebutkan kemerdekaan Abkhazia atas Georgia menimbulkan banyak penderitaan. Seperti yang dialami oleh 2 petani jeruk asal Estonia. Mereka, Ivo dan Margus, terancam kehilangan kebun jeruk mereka yang tumbuh di tanah perang, Abkhazia. Jeruk-jeruk hasil panen terancam tidak dapat didistribusikan karena tempat mereka telah terisolasi oleh perang.
            Suatu ketika, terjadilah sebuah pertempuran di depan kebun jeruk mereka. Pertempuran antara pasukan Georgia dengan prajurit bayaran dari Chechnya yang membantu Abkhazia dalam perperangan ini. Pertempuran tersebut mengakibatkan 3 korban tewas, dan 2 luka berat. Kedua pasukan yang terluka tersebut, lalu dirawat oleh Ivo dan Margus. Masing masing adalah Nika, pasukan Georgia dan Ahmed, pasukan Chechnya yang sedang bertikai.
            Tetapi selama berada didalam rumah Ivo, mereka dilarang saling membunuh atau menyakiti. Peraturan tersebut akhirnya membuat meredakan ketegangan diantara keduanya. Bahkan mereka saling membantu. Di saat rumah Ivo didatangi pasukan dari Abkhazia, Ahmed, membantu menutupi identitas Nika, dan memberitahu mereka bahwa Nika adalah sahabat Ahmed yang berasal dari Chechnya juga.
            Setelah berhari-hari bersama didalam rumah Ivo dan peraturannya, keinginan untuk membunuh diantara keduanya sedikit demi sedikit mulai menghilang. Seiring dengan kebersamaan mereka, kebencian diantara keduanya pun turut memudar.
            Di saat itu pula mereka kedatangan tamu dari pasukan Rusia, yang pada perang ini berpihak kepada Abkhazia. Mereka bertemu dengan Ahmed, dan menanyai Ahmed tempat asalnya. Ketika Ahmed membuktikan dia adalah orang Chechnya dan berada di pihak yang sama dengan mereka. Mereka tetap saja mengacungkan senjata kepada Ahmed. Mungkin persetegangan antara Rusia dengan Chechnya menjadi penyebabnya. Dan mereka pun mulai bersedia untuk menembak Ahmed.
            Melihat keadaan yang menjadi panas, Nika menembakan senjatanya kepada tentara Rusia tersebut. Dan pecahlah baku tembak diantara pasukan tersebut. Sehingga menewaskan Margus dan Nika, walau seluruh pasukan Rusia turut tewas dalam pertempuran singkat tersebut.
            Ahmed dan Ivo yang selamat dari baku tembak itu lalu menguburkan Margus dan Nika dengan layak. Ahmed yang pada mulanya sangat membenci Nika, bersedia dengan rela menguburkan Nika. Perang tidak akan pernah mengambil seluruh sisi kemanusian seseorang walaupun sedang berhadapan dengan musuhnya.
“Nobody is bad, people just go to the wrong way sometimes, and war is exactly the wrong way” ~ Mamet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar