Rabu, 13 Mei 2015

Ritual (2012) Aka ‘Modus Anomali’

Ritual (2012)
Aka ‘Modus Anomali’

Genre              : Horror, Thriller
Imdb Rating    : 5.5
Director           : Joko Anwar
Stars                : Rio Dewanto. Hannah El Rashid, Izzi Isman\

            John Evans, terbangun dari ketidak sadarannya. Dia terbangun di lubang yang seperti sebuah liang kubur yang berada di tempat yang ia tidak ketahui, bahkan dia tidak mengetahui apapun, termasuk namanya. Lalu dia menemukan identitas diri di dalam saku celananya beserta foto keluarga bahagia yang terdiri dari ibu dan kedua anaknya. Setalah menemukan hal tersebut, dia pun langsung beranggapan bahwa mereka adalah keluarganya, oleh karena itu ia pun langsung bergegas untuk mencari tahu keadaan mereka semua.
            Akhirnya dia pun menemui sebuah rumah ditengah hutan. Didalamnya dia menemukan mayat wanita seperti yang ada di foto keluarga dari sakunya. “Apakah ini istriku?”, ia memeluk istrinya sambil berteriak mengutuk pembunuh istrinya. Di dalam rumah itu pun dia menemukan sebuah kaset vidio, yang berisi tentang bagaimana istrinya ditikam hingga mati.
            Lalu ia pun melanjutkan pencarian terhadap keluarga yang tersisa. Di saat sedang mencari mereka, John menemukan seorang mistrius yang bertubuh besar dan sedang berlari mengejarnya. John pun berlari kencang menghidari orang tersebut. Setelah lepas dari kejaran orang besar itu, John pun mulai merencanakan membuat perangkap untuk menjebak orang tersebut. Tapi bukanlah orang besar tadi yang terkena perangkap John, melainkan anak perempuan seperti yang berada di foto keluarga dari sakunya. John pun menyesal dan bersumpah untuk membunuh orang besar yang dia anggap sebagi pembunuh istrinya.
            Ketidak beruntung kembali muncul, dikala dia salah menghantamkan parangnya yang justru malah mengenai leher dari anak laki-laki seperti yang ada di foto keluarga dari sakunya. Penyesalanya semakin besar, disaat itu pula dia menemukan tubuh mayat laki-laki dewasa, yang pada dadanya terukir tulisan ‘Go back to the beginning’. Lalu John mengikuti arahan tersebut, dan menemukan koper yang berisikan jarum suntik. Untuk mengetahui semua misteri yang masih berlarian di kepalanya, John pun menyutikan jarum suntik tersebut ke tubuhnya.
            Setalah cairan jarum suntik itu masuk ke dalam tubuhnya. John pun mengingat semuanya. John mengingat keluarganya, yang terdiri dari seorang istri dan seorang anak laki-laki. Dan mengetahui bahwa dia sedang dalam liburan akhir pekannya untuk memuaskan nafsu psikopatnya.
            Cerita twist tentang seorang psikopat yang memburu kepuasannya dalam membunuh sangatlah cerdas. Tidak hanya sekedar membunuh, dia pun menciptakan skenario palsu yang justru menambah tantangan dia dalam mengejar kepuasannya tersebut. Skenario yang menjadikan dia seaka-akan seorang ayah yang sedang membantu sisa keluarganya dari orang yang mencoba membunuh mereka. Itulah sebuah wahana yang menyenangkan baginya. Sebuah liburan akhir pekan yang berbeda yang dipilih oleh orang yang sangat senang mencari tantangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar