Rabu, 13 Mei 2015

Cool Hand Luke (1967)

Cool Hand Luke (1967)



Genre              : Crime, Drama
Imdb Rating    : 8.2
Director           : Stuart Rosenberg
Stars                : Paul Newman, George Kennedy, Strother Martin

Sometimes nothing can be a real cool hand”
            Perjuangan Luke bertahan didalam kerasnya kehidupan penjara dijalankan dengan penuh senyum, walaupun itu sangat berat. Luke dijebloskan kedalam penjara karena oleh hal sepele, merusak mesin parkir dengan sengaja. Di dalam penjara ia bertemu dengan Dragline, yang mempunyai badan besar dan paling berkuasa di antara para napi yang lain.
Pada mulanya mereka saling mengeluarkan aura permusuhan, yang dimana membawa mereka ketengah pertarungan tinju. Didalam pertarungan itu, Luke memberikan pelajaran kepada Dragline tentang perjuangan sampai akhir, dan pantang menyerah. Walau sudah penuh dengan luka lebam, Luke tetap berdiri untuk melawan Drag. Melihat perjuangan Luke yang sangat keras, Drag mengalah kepada Luke.
            Karena perjuangan tersebut lah, Luke mendapat sebuah julukan, ‘Cool Hand Luke’ yang berarti seseorang yang tidak mempunyai apa-apa, dapat meraih sesuatu yang ‘cool’ oleh karena perjuangannya. Luke berhasil mengalahkan Drag walau sudah tidak mempunyai kekuatan lagi untuk mengalahkan Drag kecuali semangat berjuangnya.
            Tidak hanya masalah bertarung, Luke pun mengajarkan kepada napi lain untuk berjuang menghadapi penjaga penjara yang sering menyiksa dengan tugas-tugas yang berat. Berjuang dengan penuh semangat dan senyuman dalam melewati masa masa sulit di dalam penjara.
            Suatu hari Luke mendengar kabar bahwa ibu yang sangat dikasihnya telah meninggal dunia. Bukannya bersikap simpati, Captain, yang merupakan kepala penjaga penjara, juustru memasukan Luke kedalam ruang hukuman yang sangat sempit untuk menghilangkan pikiran Luke dari rasa ingin memebesakan diri guna menemui ibunya.
            Hal tersebut justru membuat Luke sangat ingin keluar dari penjara. Dengan bantuan napi lain, Luke berhasil keluar dari penjara. Akan tetapi dia dapat tertangkap kembali oleh polisi.
            Percobaan berikutnya pun sama, ia berhasil ditangkap kembali oleh polisi. Untuk menimbulkan efek jera, para sipir mulai lebih sadis lagi memperlakukan Luke. Perjuangan Luke untuk keluar dari penjara justru semakin besar. Meskipun dia harus berpura-pura seperti binatang peliharaan bagi para sipir.
            Akhirnya Luke berhasil kabur untuk ketiga kalinya dari penjara yang kali ini ditemani oleh Dragline. Meskipun pada akhirnya Luke berhasil ditemukan dan tertembak hingga ia mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar