Rabu, 13 Mei 2015

Kon Tiki (2013)

Kon Tiki (2013)


Genre              : Adventure | History
Imdb Rating    : 7.2
Director           : Joachim Rønning, Espen Sandberg
Stars                : Pål Sverre Hagen, Anders Baasmo Christiansen, Gustaf Skarsgård

      Perjalanan epic sejauh 8000 km menyebrangi samudra terluas di bumi, Pasifik oleh Thor Heyerdahl dan kawan-kawan yang berasal dari Norwegia. Perjalanan untuk membuktikan theori bahwa penduduk di kepulauan Polynesia adalah berasal dari suku Inca di Amerika Selatan. Suku Inca tersebut mencapai kepulauan Polynesia hanya dengan menunggangi rakit tradisional untuk menyusuri samudra Pasifik yang penuh dengan misteri dan bahaya. Untuk membuktikan bahwa hal tersebut adalah sebuah kebenaran, Thor pun mempunyai rencana gila untuk menyeberangi samudra Pasifik dengan menggunakan sebuah rakit yang sama seperti yang kaum Inca gunkan di masa lampau. Walaupun hasil dari penelitian DNA terhadap penduduk Polynesia lebih cenderung mngatakan bahwa mereka berasal dari Asia.
      Rencana gila tersebut pada awalnya menghadapi banyak kendala, mulai dari penolakan dari berbagai sponsor, sampai penolakan dari istri tercinta yang tidak mengingikan Thor pergi menantang kematian. Karena dorongan keinginan yang sangat kuat, Thor pun mendapatkan sponsor dari pemerintah Peru berkat keahliannya dalam menawarkan kuntungan yang akan diperoleh oleh bangsa Peru jika theori tersebut benar. Dan Thor beserta 4 kawan yang lainnya akhirnya dapat memulai perjalanan gilanya menuju Polynesia.
         Perjalanan ini sangat menakjubkan, film dokumenter mengenai perjalanan ini saja mendapatkan penghargaan piala Oscar pada tahun 1950. Hal itu menjadi sebuah tekanan terhadap pembuatan film ini, mengingat prestasi dari perjalanan itu sendiri, buku, dan juga film dokementer mengenai perjalanan itu. Dan saya pikir film ini sangat berhasil mengikuti keberhasilan yang diraih oleh  karya-karya sebelumnya yang menceritakan perjalanan ini. Teknik sinematografi yang menakjubkan membuat film ini masuk ke dalam nominasi Oscar. Visual akan pemandangan samudra yang luar biasa indah berhasil ditampilkan pada film ini. Seakan-akan kita sedang melakukan perjalanan itu juga. Hiu paus, laut yang bercahaya, goyangan ombak serta bintang-bintang di atas pasifik menarik saya untuk segera ke laut.
        Perjuangan dari setiap kru sangat berbeda-beda. Mereka berjuang dari rasa ketakutan masing-masing. Walaupun mereka membawa peralatan modern, tetapi tunggangan yang mereka naiki adalah sesuatu yang sangat kuno. Karena Thor sudah sangat mempercayai theori tentang perjalanan suku Inca menggunakan rakit menyusuri samudra pasifik, membuat Thor tidak memperdulikan ketakutan akan karamnya rakit mereka walaupun dirinya sendiri tidak dapat berenang.
Film ini pun berhasil membuka ingatan kita terhadap keperkasaan bangsa Viking dalam menaklukan lautan. Semangat Viking dalam berlayar seperti terlahir kembali di dalam diri setiap kru Kon-Tiki, nama dari rakit mereka. Dan akhirnya mereka pun berhasil menyentuh daratan Polynesia selama 101 hari. Dan tercatat sebagia perisiwa besar pelayaran dunia,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar