Rabu, 13 Mei 2015

Sympathy For Mr. Vengeance (2002)

Sympathy For Mr. Vengeance (2002)




Genre              : Crime, Drama
Imdb Rating    : 7.7
Director           : Chan-wook Park
Stars                : Kang-ho Song, Ha-kyun Sin, Doona Bae

            Seorang bisu dan tuli, Ryu, bekerja sangat keras untuk membiayai kakak, satu-satunya keluarga yang dimilikinya, untuk menyembuhkan penyakitnya. Penyakit yang sudah sangat parah membutuhkan penanganan yang mahal harganya. Suatu hari dia mendapati surat pemecatan, dan hal itu membuat dia semakin tertekan. Oleh karena itu segala cara akan ia lakukan untuk mendapatkan biaya pengobatan kakanya.
            Dia pun memilih mencari jalan dari organisasi penjual organ. Dia berharap dengan menjual ginjalnya dan memberi seluruh uangnya, dia akan mendapatkan ginjal yang cocok untuk kakanya. Tetapi ia ditipu, ia ditinggali tanpa apapun oleh organisasi itu dengan tubuh telanjang dan luka dipinggangnya berkat operasi pengeluaran ginjalnya.
            Karena tekanan yang semakin berat, dia pun bersama temannya yang seorang aktivis revolusi berencana untuk menculik anak dari seorang pengusaha. Dari hasil penculikan itu mereka pun mendapatkan tebusan yang sangat cukup untuk biaya pengobatan kakaknya. Namun kakaknya memutuskan bunuh diri, ketika mengetahui adiknya melakukan perbuatan yang jahat hanya untuk membantu pengobatannya. Tidak hanya kehilangan kakanya saja, anak pengusaha yang ia culik pun tanpa sengaja terbunuh sebelum sempat dibalikan kepada ayahnya.
            Semakin menderita lah Ryu menghadapi hidupnya. Lalu dia pun melampiaskan rasa kehilanganya dengan menuntut balas dendam kepada organisasi penjual organ. Ryu beranggapan karena merekalah kakaknya mati. Di lain sisi, ayah dari anak yang diculik Ryu pun memutuskan untuk menuntut pembalasan kepada Ryu dan temannya. Kedua pihak yang sedang menuntut balas dendam itu pun akhirnya mati terbunuh rasa dendamnya setelah mereka berhasil melakukan pembalasan dengan pembunuhan yang kejam.
            Film yang berasal dari korea Selatan ini sangat menyakitkan untuk ditonton. Adegan kekerasan, kekejaman, penderitaan mendominasi seluruh jalan cerita. Penderitaan atas balas dendam sangat tergambarkan di film ini, yang selalu berujung pada sebuah penderitaan dan kematian. Film ini juga mengajak kita untuk bersimpati terhadap mereka yang menuntut pembalasan. Pembalasan yang dilakukan dengan alasan yang sangat jelas.

            Pemilihan musiknya pun sangat membantu kita merasakan penderitaan dan kesunyian dari seorang bisu dan tuli. Dan performa mereka yang sangat baik, memperlihatkan kita tentang ketidak adilan. Sangat menyentuh melihat mereka menjadi orang yang membenci dan pendendam oleh karena ketidak adilan yang mereka rasakan. Dan pengambilan sudut gambar pada film ini menyempurnakan transfer penderitaan dari pemeran filmnya kepada siapa yang menyaksikan film ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar