Rabu, 13 Mei 2015

Howl’s Moving Castle (2004)

Howl’s Moving Castle (2004)


Genre              : Animation, Advanture, Family
Imdb Rating    : 8.2
Director           : Hayao Miyazaki
Stars                : Chieko Baisho, Takiyo Kimura, Tatsuya Gasuin

          Sophie seorang gadis cantik yang sempat dibantu oleh Howl, penyihir muda nan tampan yang sangat hebat. Karena itulah Sophie dikutuk oleh penyihir pembuangan yang jahat menjadi perempuan tua renta yang sangat buruk rupa. Penyihir pembuangan tersebut mempunyai dendam kepada Howl karena telah mencampakan dirinya, sehingga dia mengkutuk orang yang tampak sedang dekat dengan Howl.
            Untuk mengembalikan dirinya menjadi semula, maka Sophie mendatangi istana Howl untuk meminta bantuan kepadanya. Dengan bantuan Si Kepala Lobak, yang merupakan orang-orangan sawah yang juga dikutuk oleh penyihir, Sophie pun berhasil menemukan istana Howl yang dapat berjalan. Tetapi Sophie tidak boleh mengatakan kepada siapapun soal kutukannya. Itulah yang membuat Sophie sulit untuk meminta bantuan kepada Howl.
            Maka dia pun bekerja sebagai pembantu di dalam istana Howl. Dia pun berteman dengan semua penghuni istana, seperti Calcifer (iblis yang berwujud api unggun) dan penyihir cilik Markl.
            Howl sangat jarang berada di dalam istana, kerena dia sangat begitu sibuk untuk mencegah perang yang sedang terjadi. Perang yang diakibatkan karena hilangnya seorang pangeran ini mengakibatkan kesengsaran yang sangat luas. Howl sangat bimbang, dia sudah bersumpah dihadapan Raja bahwa dia harus membantu negara jika sedang dibutuhkan, terutama saat perang, tetapi dia sangat tidak menginginkan perang. Dia tidak ingin berpihak kepada siapapun yang berperang, justru dia ingin menengahi peperangan itu.
            Suatu saat dia sudah sangat melemah untuk mencegah peperangan dan hampir saja mati, Sophie menolongnya dengan menyuruh Howl untuk bergabung dengan Calcifer yang terikat kehidupan dengan Howl karena jantung Howl bersatu dengan tubuh Calcifer. Setelah melakukan fusi, mereka berdua kembali pulih. Dan perang pun usai setelah Si Kepala Lobak berubah menjadi manusia kembali dan merupakan seorang pangeran yang hilang, setelah Sophie memberikannya ciuman karena telah turut membantu Sophie dalam mempertahankan istana Howl yang nyaris hancur karena perang.

            Film fantasi yang sangat liar ini dapat menjadi sebuah metapora dari perjuangan seorang istri yang tampak terlihat buruk rupa dan tak terpedulikan oleh suaminya yang sangat sibuk. Bahkan suaminya tidak menyadari keberadaan istrinya. Meskipun begitu, seorang istri tetap mengerjakan tugasnya, dan selalu mensupport sang suami baik di waktu bahagia maupun sedih. Dan pada akhirnya keberhasilan suami merupakan hasil dari kerja keras sang istri untuk terus bersabar dan selalu mendukung suaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar