Sabtu, 20 Juni 2015

The Breakfas Club (1985)

The Breakfas Club (1985)



Genre              : Comedy | Drama
Imdb Rating    : 7.9
Director           : John Hughes
Stars                : Emilio Estevez, Judd Nelson, Molly Ringwald

            5 murid dengan latar belakang yang sangat berbeda, dipertemukan karena harus menjalankan hukuman pada akhir pekan untuk tetap berada di sekolah dan menerima tugas-tugas dari sekolah. Dalam masa hukuman tersebut mereka mulai memahami satu persatu latar belakang yang masing masing mereka miliki. Ada yang kutu buku, sporty man, berandal, si aneh, dan si manja. Mereka pun menemukan kesamaan satu sama lain, yaitu mereka adalah pemberontak dari tuntutan yang keluarga dan lingkungan mereka berikan kepada mereka. Sekali pun memiliki alasan yang kuat, pemberontakan yang dilakukan mereka tetap tidak bisa ditolerir dan harus segera dihukum.
        Walaupun para pemberi hukuman, khususnya orang tua dan guru tetap tidak mau mengerti tentang diri mereka, tetapi mereka bisa untuk saling mengenal dan mengerti tentang diri mereka masing-masing. Mereka mengerti, perbedaan yang ada pada diri mereka masing-masing tetap mempunyai kesamaan. Kesamaan bahwa mereka manusia yang sama-sama harus dimengerti dan diperhatikan. Bukan hanya diperhatikan melalui tekanan dan tuntutan terus menerus, tetapi kasih sayang dan pengertian.
         Melalui kesamaan nasib yang mereka terima, mereka pun akhirnya mulai bisa saling menerima, dan mengabaikan dinding-dinding perbedaan diantara mereka, yang membuat mereka bisa berteman tanpa harus melihat perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing.
        Dari kelima tokoh pelajar di dalam film ini, semua memiliki karakter yang kuat, yang juga mewakili karakter-karakter yang ada di semua sekolah didunia. Berandal, sporty man, si aneh, kutu buku, dan si manja, adalah karakter pelajar yang akan selalu ada di setiap sekolah. Semua pelajar yang telah memilih karakter apa yang akan mereka mainkan merupakan sebuah pilihan yang didasari oleh berbagai macam alasan dan latar belakang. Bisa jadi karakter mereka berbeda tetapi alasan dan latar belakang untuk mereka memilih karakter itu mungkin sama. Film ini ingin memberi tahu kita tentang bagaimana perbedaan dapat dipersatukan. Iya memang benar perbedaan tidak dapat disamakan, tetapi mereka dapat dipersatukan dan saling menguatkan. Itulah inti dari film ini yang dapat saya tangkap.
        Kelima bintang yang memerankan kelima tokoh tersebut sudah sangat sesuai dan mewakili karakter-karakter tersebut. Mereka sudah sangat bagus dalam memerankan tokoh masing masing. Penjiwaan yang mereka bangun dalam karakter sudah sangat berhasil. Drama mungkin yang mendominasi dari film ini, tetapi disela itu terdapat juga komedi-komedi yang walaupun tidak membuat saya terpingkal-pingkal, tetapi cukup untuk menambah keceriaan dalam menimati film ini. Kekonyolan-kekonyolan tokoh-tokoh yang berada didalamnya mungkin sedikit nora, tetapi cukup bisa membuat saya tersenyum. Tidak lupa ada asmara di dalamnya, yang mungkin memberi warna pada film ini sehingga dapat membangun sebuah atmosfir film yang lebih menarik untuk disaksikan.


"And these children that you spit on as they try to change their worlds; are immune to your consultations, they are quite aware of what they are going through." -David Bowie

1 komentar: